Sunday, November 18, 2012

CIRI PEMUDA HARAPAN BANGSA


oleh : Ilutions
Pemuda zaman sekarang identik dengan hal-hal negatif, baik dari segi sikap, moral dan gaya hidup, pemuda zaman sekarang masih di anggap anak kecil oleh kebanyakan orang karena pemuda yang tak mampu untuk mengendalikan dirinya.
Namun sebenarnya yang harus kita ketahui bahwa Pemuda adalah kader penerus pemimpin-pemimpin bangsa saat ini, Pemuda adalah harapan bangsa ini untuk terus maju dan berkembang.
Dan Pemuda yang menjadi harapan bangsa adalah pemuda yang mempunyai ciri-ciri seperti berikut ini :


  1.  Pemuda yang bertakwa dan teguh pada agama yang di anutnya.
  2. Pemuda yang terampil  disegala bidang.
  3. Pemuda yang bisa mengabdikan dirinya bagi masyarakat.
  4. Pemuda yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi kepada dirinya sendiri, orang lain , masyarakat dan bangsa.
  5. Pemuda yang selalu memikirkan masa depannya dan mulai merencanakan cita-cita dan impiannya mulai sekarang.
  6. Pemuda yang tidak menunda pekerjaannya untuk sesuatu yang tidak penting.
  7. Pemuda yang berani menanggung segala risiko untuk kebenaran dan keadilan.
  8. Mempunyai rasa persaudaraan dan cinta kasih di antara sesame manusia.
Apakah kita termasuk orang yang memiliki sifat atau ciri seperti yang disebutkan diatas?  Jika tidak maka kita harus mengubah sikap kita menjadi cirri pemuda yang telah disebutkan disebutkan di atas. Mulai dari sekarang ! jangan menundanya!
Tentu kita semua mengharapkan bangsa kita menjadi  bangsa yang maju dan memiliki SDM yang berkualitas dan dapat bersaing di tingkat global. Oleh sebab itu, kita perlu berubah! Jika bukan generasi muda seperti kita yang merubah bangsa ini menjadi lebih baik maka siapa lagi yang diharapkan? Karena sesungguhnya pemuda adalah agen perubahan bangsa. Kita juga perlu memperbaiki kesehatan manusia yang ada di Indonesia  agar tercipta masyarakat sehat dan ber SDM yang kualitasnya tinggi.
Zaman globalisasi seperti saat ini jangan sampai merubah identitas kita sebagai pemuda Indonesia. Kita boleh saja menerima kebudayaan barat itu, tapi kita juga harus selektif memilih mana kebudayaan yang sesuai bagi kita sebagai bangsa Indonesia dan mana yang tidak sesuai. Sebaiknya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa  segera kita tinggalkan dan buang jauh-jauh.